5contoh arti hewan metode ilmiah

Jawaban: 3

Jawaban

  • Jawaban diposting oleh: IjaGemil4503

    jawaban:

    1. Merumuskan masalah

    Masalah adalah segala persoalan yang perlu dipecahkan secara pasti dan benar. Misalnya saat mengamati kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu, kita bisa merumuskan masalah menggunakan berbagai kata tanya. Contoh merumuskan masalah adalah sebagai berikut :

    a. Apakah yang menyebabkan kepompong berubah menjadi kupu-kupu ?

    b. Bagaimana proses perubahan kepompong menjadi kupu-kupu ?

    c. Dimana tempat yang ideal bagi kepompong untuk berubah menjadi kupu-kupu ?

    d. Kapan waktu yang tepat bagi kepompong untuk berubah menjadi kupu-kupu ?

    e. Siapa yang pernah melakukan pengamatan terhadap kepompong berubah menjadi kupu-kupu ?

    f. Mengapa kepompong berubah menjadi kupu-kupu ?

    2. Menyusun kerangka berpikir

    Setelah merumuskan permasalahan yang akan diteliti, langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka berpikir. Dalam kegiatan ini yang dilakukan adalah mengumpulkan keterangan atau data yang berkaitan dengan masalah yang berguna untuk menemukan jawaban sementara terhadap masalah tersebut. Data yang dikumpulkan dapat berupa hal-hal yang berkaitan dengan penelitian, maupun hasil-hasil penelitian terdahulu mengenai masalah yang sama.

    3. Menyusun hipotesis

    Dari data-data yang dikumpulkan, dapat disusun suatu hipotesis. Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap masalah dan fakta berdasarkan teori dan fakta yang ada. Dalam penelitian, terdapat dua jenis hipotesis, yaitu :

     

    a. Hipotesis nol (Ho)

    Hipotesis nol (Ho) adalah dugaan yang mengatakan tidak ada pengaruh. Contoh hipotesis nol adalah seperti jenis pohon tidak terpengaruh terhadap warna kupu-kupu yang dihasilkan.

    b. Hipotesis alternatif (Ha)

    Hipotesis alternatif (Ha) adalah dugaan yang mengatakan ada pengaruh. Contoh hipotesis alternatif adalah seperti jenis pohon tempat hidup kepompong berpengaruh terhadap warna kupu-kupu yang dihasilkan.

    4. Melakukan eksperimen

    Untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang telah dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan eksperimen. Eksperimen atau percobaan yang dilakukan akan menghasilkan data yang nantinya dapat diolah dan dianalisis. Dari hasil pengolahan data tersebut, dapat diketahui apakah hipotesis yang dibuat sesuai dengan hasil eksperimen atau tidak.

    5. Menarik kesimpulan

    Kesimpulan dibuat berdasarkan data-data yang diperoleh dari hasil eksperimen. Terdapat dua kemungkinan hasil eksperimen, yaitu seperti :

    1. Menerima hipotesis nol

    2. Menerima hipotesis alternatif

    6. Eksperimen lanjutan atau eksperimen ulang

    Kesimpulan yang diperoleh dari hasil eksperimen, biasanya akan menimbulkan pertanyaan baru. Pertanyaan baru tersebut memerlukan eksperimen lanjutan untuk menjawabnya. Selain itu, orang lain bisa melakukan eksperimen ulang untuk membuktikan kebenarannya.

    Setelah serangkaian langkah-langkah metode ilmiah tersebut dilakukan, hendaknya peneliti melaporkan hasil penelitiannya. Pelaporan hasil penelitian ini berguna untuk mempublikasikan hasil percobaan dan dapat juga sebagai acuan oleh orang lain yang ingin melakukan percobaan yang sama.

    Penjelasan:

  • Jawaban diposting oleh: adilladilla3
    Rumput gajah:     pennisetum purpureum
    jambu mede:   anacardium occidentale
    bambu: phyllostachys edulis
    sukun: artocarpus altilis
    jati:   tectona grandis
    serei:   cymbopogon citratus
    kacang tanah:   arachis hypogaea
    kelapa:   cocos nucifera
    padi:   oryza sativa
    terong:   melongena
    mangga:   mangifera indica
    pisang: musa paradisiaca l..
  • Jawaban diposting oleh: bresdychristian007
    Fase insprirasi :

    otot diafragma berkontraksi - rongga dada membesar - tekanan rongga dada menjadi kecil - udara yang mengandung oksigen ( o2 ) masuk.
Tahukah Anda jawaban yang benar?
5contoh arti hewan metode ilmiah...