• Utama
  • IPS
  • Apa persamaan dan perbedaan negara indonesia dan m...

Apa persamaan dan perbedaan negara indonesia dan malaysia di bidang ekonomi sosial budaya dan politik

Jawaban: 1

Jawaban

  • Jawaban diposting oleh: Sabilasiwi3833

    jawaban:

    1. Pendiri ASEAN

    ASEAN merupakan salah satu organisasi yang terkenal di kawasan Asia Tenggara. Organisasi yang sangat berpengaruh dalam bidang ekonomi yang memiliki tujuan geopolitik di kawasan Asia Tenggara ini resmi berdiri pada 8 Agustus 1967. Negara Indonesia dan Malaysia merupakan kedua negara yang sama-sama menjadi pelopor berdirinya organisasi tersebut bersama negara pendiri ASEAN lain seperti Singapura, Thailand dan Filipina. Oleh karena itulah persamaan dan perbedaan karakteristik negara Indonesia dan Malaysia adalah sama-sama negara negara pendiri ASEAN.

    2. Agama

    Setiap orang tentunya memiliki hak untuk memeluk agamanya masing-masing. Adapun di Indonesia sendiri mayoritas penduduknya memeluk agama Islam dengan persentase lebih dari 70%, sedangkan sisanya terbagi atas agama Khatolik, Kristen, Buddha, Hindu serta Kong Hu Chu. Di negara Jiran juga sama seperti Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun terdapat sedikit perbedaan antara keduanya, yaitu di Malaysia masih terdapat beberapa orang yang tidak memiliki agama atau Atheis.

    3. Bentuk Pemerintahan

    Kali ini kita lihat dari bentuk pemerintahannya. Kedua negara ini memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Indonesia menerapkan sistem pemerintahan presidensial, dimana Presiden bertindak sebagai kepala negaranya. Berbeda dengan Malaysia yang menganut bentuk pemerintahan Monarki atau kerajaan, dimana Raja bertindak sebagai kepala negara. Persamaan dan perbedaan karakteristik negara Indonesia dan Malaysia adalah yang terpilih bertindak sebagai kepala negara. Perbedaannya adalah Indonesia dan Malaysia sama-sama melakukan pergantian kepala negara setiap 5 tahun sekali, namun di Malaysia yang berhak mengirimkan wakil untuk menjadi Raja hanyalah negara bagian yang dipimpin oleh Raja saja. Jadi, wilayah lain yang tidak dipimpin langsung oleh Raja tidak berhak untuk mengirimkan wakilnya sebagai Raja.

    4. Sistem Politik

    Sistem politik di berbagai negara pada dasarnya tergantung dari bentuk negara tersebut. Di negara Malaysia sendiri menganut sistem politik demokrasi parlementer. Kondisi dimana kekuasaan eksekutif akan dilaksanakan sesuai dengan sistem kabinet yang dipimpin langsung oleh Perdana Menteri. Sesuai dengan konstitusi yang berlaku di Malaysia bahwasanya Perdana Menteri diwajibkan seorang anggota Dewan Rakyat. Sedangkan untuk sistem parlemennya menganut sistem parlemen dua kamar, yaitu DPR dan Dewan Negara.

    Berbeda dengan Indonesia yang menganut sistem politik demokrasi Pancasila. Artinya adalah menerapkan sistem politik yang didasarkan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, unsur nilai-nilai luhur, prinsip serta lembaga yang bersifat demokratis. Adapun beberapa prinsip sistem politik demokrasi yang diterapkan di Indonesia diantaranya adalah pemilu yang bebas, adanya pembagian kekuasaan antara lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif serta adanya jaminan kebebasan individu terkait hal-hal tertentu.

    5. Budaya

    Indonesia terkenal akan karakteristik budayanya yang sangat beragam dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari kesenian khas daerah masing-masing, adat istiadat yang sering dilakukan, norma-norma kehidupan dan hukumnya, serta kebudayaan lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Adapun jumlah suku di Indonesia berdasarkan data sensus tahun 2010 mencapai 1340 suku bangsa. Memiliki keragaman bahasa sebanyak 742 bahasa daerah, 4 ras serta 7241 karya budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kondisi ini sangat berbeda dengan negara Malaysia yang jumlah sukunya tidak sebanyak Indonesia. #backtoschool2019

  • Jawaban diposting oleh: aldipiero8294
    -mereka menjual pertambang yg sama
    -penduduknya melayu
    -menggandalkan industri elektroniknya
    aku gk tau lagi
  • Jawaban diposting oleh: PalingPandai
    Dalam bidang politik negara malaysia menegakkan hukumnya berdasarkan al quran sedangkan vietnam menegakkan hukumnya berdasarkan pemerintah
  • Jawaban diposting oleh: nida2929
    Indonesia dengan Malaysia merupakan negara serumpun, Indonesia dan Malaysia juga merupakan tetangga dekat yang memiliki banyak kesamaan dan juga perbedaan.

    Bentuk Negara Indonesia merupakan Negara Kesatuan. Indonesia merupakan sebuah Republkik yang menjalankan pemerintahan presidensial dengan sistem multipartai yang demokratis. Seperti juga di Negara-negara demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif.

    Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). MPR pernah menjadi lembaga tertinggi negara unikameral, namun setelah amandemen ke-4 MPR bukanlah lembaga tertinggi lagi, dan menjadi lembaga bikameral yang terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang merupakan wakil rakyat melalui Partai Politik, ditambah dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang merupakan wakil provinsi dari jalur independen.

    Lembaga eksekutif berpusat pada presiden, wakil presiden, dan kabinet. Kabinet di Indonesia adalah Kabinet Presidensial sehingga para menteri bertanggung jawab kepada presiden dan tidak mewakili partai politik yang ada di parlemen. Meskipun demikian, Presiden saat ini yakni Susilo Bambang Yudhoyono yang diusung oleh Partai Demokrat juga menunjuk sejumlah pemimpin Partai Politik untuk duduk di kabinetnya. Tujuannya untuk menjaga stabilitas pemerintahan mengingat kuatnya posisi lembaga legislatif di Indonesia. Namun pos-pos penting dan strategis umumnya diisi oleh menteri tanpa portofolio partai (berasal dari seseorang yang dianggap ahli dalam bidangnya).

    Lembaga Yudikatif sejak masa reformasi dan adanya amandemen UUD 1945 dijalankan oleh Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, dan Mahkamah Konstitusi, termasuk pengaturan administrasi para hakim.

     Indonesia saat ini terdiri dari 33 provinsi, lima di antaranya memiliki status yang berbeda. Provinsi dibagi menjadi kabupaten dan kota yang dibagi lagi menjadi kecamatan, kelurahan, desa, gampong, kampong, nagari, pekon, atau istilah lain yang diakomodasi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Tiap provinsi memiliki DPRD Provinsi dan Gubernur; sementara Kabupaten memiliki DPRD Kabupaten dan Bupati; kemudian kota memiliki DPRD Kota dan walikota; semuanya dipilih langsung oleh rakyat melalui Pemilu dan Pilkada.

    Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004, terdapat dua asas dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yaitu asas desentralisasi dan dekonsentrasi. Dengan demikian Negara Kesatuan Republik Indonesia walaupun memberikan kewenangan pada pemerintah daerah dalam hal ini setingkat Provinsi, namun tetap merujuk pada konstitusi negara Republik Indonesia yaitu UUD 1945 hasil Amandemen dan juga UU 32 Tahun 2004 dimana yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah dibatasi oleh kewenangan yang langsung dikerjakan oleh Pemerintah Pusat. Adapun kewenangan yang dimiliki pemerintah pusat ialah politik luar negeri, pertahanan, keamanan, yustisi, agama, moneter dan fiskal nasional.

    Sedangkan Negara Malaysia adalah monarkhi konstutisional dan berbentuk Federal yang secara  nominal dikepalai Yang di-Pertuan Agong, yang secara adat disebut dengan Raja. Raja sekaligus adalah pemimpin agama Islam di Malaysia. Yang di-Pertuan Agong dipilih dari dan oleh sembilan Sultan Negeri-Negeri Malaya, untuk menjabat selama lima tahun secara bergiliran; empat pemimpin negeri lainnya, yang bergelar Gubernur, tidak turut serta di dalam pemilihan.

    Sistem pemerintahan di Malaysia bermodelkan sistem parlementer. Tetapi di dalam praktiknya, kekuasaan lebih terpusat di eksekutif daripada di legislatif, dan judikatif diperlemah oleh tekanan berkelanjutan dari pemerintah selama zaman Mahathir, kekuasaan yudikatif itu dibagikan antara pemerintah persekutuan dan pemerintah negara bagian. Sejak kemerdekaan pada 1957, Malaysia diperintah oleh koalisi multipartai yang
  • Jawaban diposting oleh: lutfi7916
    Perbedaannya adalah malaisya menganu politik islam sedangka vietnam tidak
Tahukah Anda jawaban yang benar?
Apa persamaan dan perbedaan negara indonesia dan malaysia di bidang ekonomi sosial budaya dan politi...

Pertanyaan populer